The Influence Of Islamic Reading Corners And Reading Interest On Students Reading Literacy In Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Nowadays, reading activities have become boring and uninteresting activities for students. One of the schools efforts to foster students' interest in reading is by forming a reading corner in the corner of the classroom. The reading corner in this madrasah ibtidaiyah is decorated with Islamic nuances so students are more active in reading and reminding them that first revelation that Rasullulah got was the command to read. This study aims to analyse the effect of Islamic reading corner and reading interest on reading literacy in madrasah ibtidaiyah. This type of research is a correlation type quantitative research that aims to see the relationship between the variables of Islamic reading corner, reading interest, and reading literacy. The population in this study was in the madrasah ibtidaiyah of the setu cluster, setu sub district, the sample was at MI Nurul Falah Muncul, totalling 54 fourth grade students. The sampling technique in this study used simple random sampling technique and analysis technique in this study used multiple linear regression analysis techniques. The results showed that T test of the Islamic reading corner variable with reading interest had a significant and positive effect on reading literacy. While from the results of the F test, the Islamic reading corner and reading interest have a significant and positive influence on the reading literacy of grade IV students at MI Nurul Falah. Based on these results it can be concluded that the Islamic reading corner and reading interest have an effect on student reading literacy in MI.
Dewasa ini kegiatan membaca menjadi kegiatan yang membosankan dan tidak diminati oleh siswa. Maka dari itu salah satu upaya sekolah untuk menumbuhkan minat membaca siswa dengan membentuk pojok baca yang berada di dalam sudut kelas, pojok baca yang berda di madrasah ibtidaiyah ini dihiasi dengan nuansa islami agar siswa semakin giat dalam membaca dan mengingatkan bahwa wahyu pertama yang Rasullulah dapat adalah perintah membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pojok baca bernuansa islami dan minat baca terhadap literasi membaca di madrasah ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe korelasi yang bertujuan untuk melihat hubungan antar variable pojok baca bernuansa islami, minat baca, dan literasi membaca. Populasi pada penelitian ini berada di madrasah ibtidaiyah gugus setu kecamatan setu, sampel berada di MI Nurul Falah Muncul yang berjumlah 54 siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simpel random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan yaitu hasil uji T variabel pojok baca bernuansa islami dengan minat baca mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap literasi membaca. Sedangkan dari hasil uji F pojok baca bernuansa islami dan minat baca mempunyai pengaruh signifikan serta positif terhadap literasi membaca siswa kelas IV di MI Nurul Falah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pojok baca bernuansa islami dan minat baca berpengaruh terhadap literasi membaca siswa di MI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan peran perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1610–1617. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363
Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859
Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
Azzahra, F., Asbari, M., & Sartika, V. D. (2023). Membaca tapi Nihil Makna: Problematika Literasi? Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 183–189. https://doi.org/10.70508/literaksi.v1i02.212
Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Firdausia, A., Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Offline pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Al-Musannif, 2(2), 89–100. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v2i2.39
Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Fitri Mulyani, N. H. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di sdn sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
Kanusta, M., Sahertian, P., & Soraya, J. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 152–156. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5678
Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–708. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4813
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Latifah, A. D. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sdn Banyuripan. Basic Education, 9(1), 94–102. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55
Liu, D., Wang, L., Xu, Z., Li, M., Joshi, R. M., Li, N., & Zhang, X. (2023). Understanding Chinese children’s word reading by considering the factors from cognitive, psychological and ecological factors. Contemporary Educational Psychology, 73, 102163. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2023.102163
Mahfudh, M. R., & Imron, A. (2020). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan literasi membaca siswa di SMA negeri 1 kota kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 16–30. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1138
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Melalui Pojok Baca Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 79–86.https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397–1402. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5433
Rawin, S. C., Sudiana, I. N., & Astawan, I. G. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. Pendasi Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371
Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953
Setiyadi, D., & Muttaqin, M. F. (2024). Peran Literasi Numerik Bernuansa Etnomatematika pada Sekolah Berbasis Pesantren di Kota Tangerang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 61–74. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.21449
Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.
Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di desa ujung batu barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 88–96. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2201
Utama, V., Yulrianti, A., Nurhaliza, N., Adella, J. A., Maydi, S. N., Saputra, A., Mappedeceng, B., Prayoga, R., Ayu, R. P., & Ningsih, W. (2023). Pembuatan dan Pengenalan Pojok Literasi Bertema Islami Sebagai Wadah Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak di Desa Sungai Pinang. JDISTIRA-Jurnal Pengabdian Inovasi Dan Teknologi Kepada Masyarakat, 3(2), 92–99. https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.542
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7837
DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v18i2.3392
Article Metrics
Abstract view : 1260 timesPDF - 941 times
Article Metrics
Abstract view : 1260 timesPDF - 941 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Robi Usaniyah, Desi Setiyadi, Miftachudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.