The Material of Wawasan Nusantara as Indonesian Geopolitic Note And The Implementation in Islamic State University

Arief Adi Purwoko

Abstract


Arus globalisasi menggerus arti negara dalam bentuk kewilayahan, atau dalam perspektif geografi dalam hal batas-batasnya (borderless). Kehadiran krisis sebagaimana pandemi Covid-19 hadir untuk mengingatkan kembali keberadaannya. Batas, kedaulatan, dan kekuatan dari sebuah negara, yang secara nyata berhadapan dengan kepentingan politik dunia. Geopolitik telah lama menjadi kajian penting bagi penguatan kemampuan sebuah bangsa untuk bertahan di tengah hegemoni. Sebagaimana Indonesia dengan gigih mempertahankan Deklarasi Djuanda 1957 sebagai nota geopolitik tertulis, yang akhirnya berhasil mempengaruhi hukum laut internasional dan meneguhkan asas negara kepulauan (archipelago state). Sedemikian pentingnya materi geopolitik tersebut seharusnya memiliki andil dalam penguatan ketahanan nasional (national resillience), khususnya strategi pertahanan nasional (national defence). Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) merupakan media strategis untuk menransformasikan geopolitik terhadap kemampuan warga negara, sebagaimana diketahui Islam merupakan agama terbesar yang dianut oleh rakyat Indonesia, sekaligus memiliki pengaruh krusial bagi ideologi bangsa. Artikel ini mencoba untuk menguak peran pendidikan kewarganegaraan, terutama pada materi wawasan nusantara (national outlook) sebagai nota geopolitik warga negara. Penelitian dalam artikel ini bersifat kualitatif dengan menggunakan model penelitian literatur. Pandangan yang dapat diajukan dalam artikel ini diantaranya antara lain: aspek ideologis geopolitik warga negara seringkali melibatkan nilai-nilai primordial sehingga keutuhan cara pandang terhadapnya menjadi terganggu. Peran lokalisme dan Islam sebagai pembentuk aspek ideologi geopolitik, seharusnya dapat dikemas dengan baik sebagai pengikat identitas bangsa. Dalam hal ini, PTKIN sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bercorak khas keislaman, seharusnya mampu menerjemahkan nilai universalitas moral good dalam Islam kepada rasa persatuan umat yang beridentitas kebangsaan. Adapun untuk menuju hal tersebut, PTKIN harus mampu meramu suatu materi terintegratif antara nilai Islam sebagai aras epistemologis ideologi Pancasila dan doktrin pertahanan nasional nirmiliter. Bagaimanapun juga peserta didik di PTKIN adalah sumber daya strategis pertahanan nasional nirmiliter, terutama dalam pembangunan karakter bangsa di tengah masyarakat

Keywords


Wawasan Nusantara, Geopolitik, Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Kusnanto. 2017. Perubahan Geopolitik dan Ketahanan Nasional: Sebuah Penjelajahan Teoretikal, Jurnal: Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia Edisi 29 Maret 2017, hlm 5-16. Jakarta: Lembaga Ketahanan Nasional

Armawi, Armaidy. 2006. Strategi Pertahanan Nirmiliter dan Perguruan Tinggi, Jurnal Ketahanan Nasional, Vol. XI No. 3 Desember 2006, hlm. 33-40. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

-------------------. 2009. Pengembangan Wawasan Nusantara Menuju Ketahanan Nasional, Jurnal Ketahanan Nasional Vol. XIV No. 3 Desember 2009, hlm. 1-13. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Azra, Azyumardi. 2015. Civic Education at Public Islamic Higher Education (PTKIN) and Pesantren, Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society Vol. 2 No. 2. Desember 2015, hlm 167-177. Jakarta: Syarif Hidayatullah State Islamic University

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2016. Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum: Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti

Efriani, et.al. 2019. Desain Kosmologi Sebagai Konservasi Alam Pada Komunitas Dayak Tamambaloh di Kalimantan Barat, Jurnal: An1mage Jurnal Studi Desain Vol. 2 No. 2, 2019 hlm. 66-74. Tangerang Selatan: AJSD

Endraswara, Suwardi. 2013. Memayu Hayuning Bawana: Laku Menuju Keselamatan dan Kebahagiaan Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Penerbit NARASI.

Gökmen, Semra R. 2010. Geopolitics and The Study of International Relations Ankara: Middle East of Technical

University

Grinin, Leonid dan Korotayev, Andrey. 2020. Covid-19 Pandemic, Geopolitics, and Recession, Kertas Kerja Ke-4: International Center for Education and Social and Humanitarian Studies. Moscow: Moscow State University

Koentjaraningrat. 1974. Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia

Majelis Luhur Taman Siswa. 1962. Karya Ki Hadjar Dewantara Vol. IA Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa

Ma’ruf dan Rasyid, A. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Belalek. Pontianak: IAIN Pontianak

Miska Amien, M. 2006. Causa Materialis Pancasila Menurut Notonegoro, Jurnal Filsafat Vol. 39 No. 1 April 2006, hlm 18-26. Yogyakarta: Fakultas Filsafat UGM

Notonagoro, Pancasila Secara Ilmiah Populer. Jakarta: Pantjuran Tudjuh

Sudira, Putu. 2014. Konsep dan Praksis Pendidikan Hindu Berbasis Tri Hita Karana. Makalah Seminar Eksistensi Pendidikan Hindu dalam Sisdiknas di Era Global. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sulisworo, T. Dwi, et al. 2005. Bahan Ajar: Geopolitik Indonesia. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

The Warsawa Institute Review. 2020. Great Power Politics in The Post Covid-19, Artikel diupload 6 April 2020, diakses dari

https://warsawinstitute.review/news-en/great-power-politics-in-thepost-, pada 26 Juni 2020

Torkanovskiy, E.P. 2019. In Defence of Autarky as a Modern Way of National Economic Development, Journal of International Economic Affairs Vol. 9 No. 1, Maret 2019, hlm. 157-168

Moskow: Journal of International Economic Affairs

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Smith and Robbinson. 1980. Reading Instruction for Today’s Children. New Jersey: Englewood Cliffs

Wallace, Michael J. 1988. Action Research For Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

William, Eddie. 1999. Reading in the Language Classroom. London: Phoenix FLT.

http://apt.rcpsych.org/cgi/reprint/5/5/376.pdf

http://diffundo.com/instructions/resource15.pdf

http://lds.org/paprimary/program/CSMP_2007_%20Files/tngcPages161_162.pdf

http://www.cte.umd.edu/library/folio.pdf

http://faculty.ksu.edu.sa/7338/pdf/993.pdf

http://www.ilo.org/public/english/employment/recon/eiip/download/train_toolbox.pdf

http://amec.glp.net/c/document_library/get_file?p_l_id=844086&folderId=1077184&name=DLFE-20788.pdf

http://bible.org/seriespage/using -buzzgroups- your-teaching.pdf (file:///G:/reading/Approaches%20to%20Reading.htm)

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Smith and Robbinson. 1980. Reading Instruction for Today’s Children. New Jersey: Englewood Cliffs

Wallace, Michael J. 1988. Action Research For Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press

William, Eddie. 1999. Reading in the Language Classroom. London: Phoenix FLT

http://apt.rcpsych.org/cgi/reprint/5/5/376.pdf

http://diffundo.com/instructions/resource15.pdf

http://lds.org/paprimary/program/CSMP_2007_%20Files/tngcPages161_162.pdf

http://www.cte.umd.edu/library/folio.pdf

http://faculty.ksu.edu.sa/7338/pdf/993.pdf

http://www.ilo.org/public/english/emplo yment/recon/eiip/download/train_toolbox.pdf

http://amec.glp.net/c/document_library/get_file?p_l_id=844086&folderId=1077184&name=DLFE-20788.pdf

http://bible.org/seriespage/using -buzzgroups- your-teaching.pdf

(file:///G:/reading/Approaches%20to%20Reading.htm)




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v14i1.1785

Article Metrics

Abstract view : 2425 times
PDF - 11989 times

Article Metrics

Abstract view : 2425 times
PDF - 11989 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 At-Turats



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak
Jl. Letjend. Soeprapto No. 19
Pontianak-Kalimantan Barat
Indonesia