DAKWAH TIKTOK: EKSPLORASI PERUBAHAN SIKAP RELIGIUSITAS GEN Z MELALUI KONTEN HUSAIN BASYAIBAN

Mildah Mildah, Khairuddin Khairuddin

Abstract


Tiktok termasuk salah satu media yang digunakan untuk melakukan perubahan sikap spritualitas Gen Z yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh para da’i dan kreator-kreator lainnya untuk menyanpaikan     pesan-pesan dakwah. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan melalui pendekatan tahap wawancara, penyaluran kuisioner, serta pendalaman dengan berbagai literatur penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat perubahan sikap regiliusitas Gen Z terkait konten dakwah Husain Bsayaiban di TikTok. Peneitian ini melibatkan 42 responden dari empat Universitas yang berbeda. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa pesan dakwah yang disampaikan oleh Husain Basyaiban di TikTok memberikan dampak perubahan positif terhadap sikap spiritual Gen Z. Salah satu alas an mendasari adalah bahwa konten-konten dakwah yang diunggah ke TikTok muda untuk dipahami. Sehingga mereka semakin semangat untuk lebih lanjut memperdalam pemahaman mereka hingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti mereka semakin mendekatkan diri kepada Allah dan adanya perubahan moral dalam diri pribadi. Menindak lanjuti temuan pada penelitian ini, maka pemanfaaan media sosial terutam TikTok sebagai media dakwah harus dioptimalkan secara maksimal terutama bagi Gen yang juga harus ikut berperan memanfaatkan platform TikTok sebagai media dakwah yang mampu menjangkau khalyak diberbagai penjuru, sehingga mereka tidak hanya sekedar belajar dan memahami konten-konten dakwah tapi mereka juga mampu menjadi pendistribusi ajaran-ajaran islam.


Keywords


Dakwah, TikTok, Perubahan Sikap, Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Ainur Rofiq and Aviatus Sholihah. “Strategi Penyampaian Pesan Dakwah Pada Media Sosial: Studi Anailisis Strategi Dakwah Husain Basyaiban Di Akun TikTok @kadamsidik00.” An-Nashiha Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies 4, no. 1 (March 20, 2024): 18–28. https://doi.org/10.55352/an-nashiha.v4i1.845.

Alanuari, Muhammad Syahrul Hasan, and Fauziyah Hamidah. “Budaya Tabligh Di Media Sosial: Nilai Spritual Terhadap Tabligh Ustadz Hanan Attaki Di Media Insragram Pada Generasi Z Di Indonesia..” Batuthah: Jurnal Sejarah Padaban Islam 3, no. 2 (September 2, 2024): 95114.https://doi.org/10.38073/batuthah.v3i2.1760.

Anis Rahmadhani and Demanda Lailla Wikandina. “Pemanfaatan TikTok Sebagai Media Dakwah: Studi Kasus Ustadzah Oki Setiana Dewi Di Akun.” Ar Rosyad: Jurnal Keislaman Dan Sosial Humaniora 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.55148/arrosyad.v2i1.864.

Aulia, Nahdatul. “Strategi Dakwah Kadam Sidik Melalui Media TikTok,” May 19,2023.https://doi.org/10.31219/osf.io/92pqn.

Desi Rahmawati. Pengaruh Konten Dakwah Husain Basyaiban di TikTok terhadap pribadi,Wawanara Pribadi, December 31, 2024.

Desy Oktaheriyani. “Analisis Perilaku Komunikasi Penggunaan Media Sosial Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin.” ePrints UNISKA, 2020. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3504.

Fadhila Amalia Putri Sangadji, Amelia Cahya Syah Fitri, Della Anzelia Sitanggang, Rusdi Hidayat, and Maharani Ikaningtyas. “Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Untuk Pengembangan Bisnis Di Era DigitalL.” Karya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 143–49.

Falestyana Sari, Anggita, and Lutfhi Ulfa Ni’amah. “Tiktok Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pesan Dakwah Akun Tiktok @baysasman00).” Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah 2, no. 1 (March 21, 2022): 31–43. https://doi.org/10.53888/alidaroh.v2i1.504.

Fitri Maghfirah, Fitria Andriani, and Husnul Mirzal. “Social Media as a Medium of Da’wah: Religious Transformation among Online Da’wah Audience on TikTok Platform.” Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi V, no. 1 (June 31, 2021). https://doi.org/10.21093/lentera.

Khusnul Nur Azizah. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa Buana Bhakti Kabupaten Siak” 5, no. 3 (2022). http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28944.

Lutfiana Allisa and Agus Triyono. “Pengaruh Dakwah Di Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Religiusitas Remaja Di Demak.” Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, January 6, 2023. https://doi.org/10.30596/ji.v7i1.13070.

Mahardhika, Sunggiale Vina, Iqlima Nurjannah, Isnaini Ila Ma’una, and Zahrotun Islamiyah. “Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Di Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok.” Sosearch: Social Science Educational Research 2, no. 1 (December 28, 2021): 40–53. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p40-53.

Muhammad Kanzul Fikri Fuadi. “Gaya Retorika Dakwah Husain Basyaiban Dalam Konten LGBT Pada Akun TikTok@basyasman00.” UIN Sunan Kalija yogjakarta, 2023. http://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/60137.

Nadya Fitrah Budiarti, Anindya Riandhita, and Nawang Audra Sindia Tally. “Preferensi Gen Z Terhadap Kemajuan Teknologi Pada Aplikasi TikTok Dan Youtube.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS)1(2022).https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/104.

Nilla A’lil Jannah, Maula Hidayati Salsabila, Felisa Ayu Nadhifatussholihah, Fenti Nur Cahyani, and Akhmat Syohfi. “Analisis Pesan Dakwah Pada Akun Tiktok@kadamsidik00.”TheUshuluddin International Student Conference 1, no. 2 (2024). https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/UInScof2022/article/view/1519/1277

Riska Amelia, Agus Riyadi, and Ali Murtadho. “Da’wah in the Digital Era: Analysis of Husain Basyaiban’s Da’wah Message in TikTok Content.” Islamic Communication Journal 9, no. 1 (2024).https://doi.org/10.21580/icj.2024.9.1.18930.

Salim Syahid Anshori. “Penggunaan TikTok Sebagai Media Komunikasi Dakwah ( Study Netnografi Pada Akun @kadamsidik00.” Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2023. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76988.

Satria, Budi Satria, Jumiyati, Pipir Romadi, and Riski Alwi,S.Sy.,MH. “Youth, Da’wah and Tik Tok: A Case Study of Husain Basyaiban.” JIM 1, no. 2 (July 31, 2023): 25–32.https://doi.org/10.58794/jim.v1i2.496.

Sule, Muhammad Maga. “Response To Muslims Da'wah Activities' By Non-Muslims In Akwanga And Nassarawa Eggon Local Government Areas Of Nasawara State, Nigeria.” QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies 3, no. 1 (December 5, 2023): 23–39. https://doi.org/10.23917/qist.v3i1.3110.

Unsiyatul Uyun. “Retorika Dakwah Husain Basyaiban Dalam Pemanfaatan Media Sosial Tiktok.” Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 4, no. 2 (July 9, 2023): 125–43.https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.993.

Vitri Nainggolan, Sintje A. Rondonuwu, and Grace J. Waleleng. “Peranan Media Sosial Instragram Dalam Intraksi Sosia Antar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik UNSRAT Manadoa.” Acta Diurna Komunikasi 7, no. 4 (2018). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22022.

Yulian Dwi Putra and Devi Junita. “Realitas Keterlibatan Gen Z Dalam Media Sosial Tiktok Perspektif Sosiokultural.” INTERCODE – Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 1 (2024): 33–35. https://doi.org/10.36269/ire.v4i1.2746.




DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v18i2.3417

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/jhjd.v18i2.3417.g1490

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 113 times

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.