The Role of the Traditional Game Congklak as a Medium for Character Education Based on Rahmatan lil ‘Alamin Values of Students in Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah
Abstract
Indonesia is facing a moral crisis that contrasts sharply with the rapid advancement of technology. One way to cultivate character values from an early age is by utilizing congkak as the traditional game. This study explores the role of congklak in shaping rahmatan lil ‘alamin character values among Madrasah Ibtidaiyah students. The research employs a qualitative descriptive approach with field-based study methods to examine the role of the traditional game congklak in character formation aligned with the rahmatan lil ‘alamin student profile at Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, South Tangerang. The data were examined using the Miles, Huberman, and Saldana model combined with source triangulation techniques, resulting in a theoretical insight into the effectiveness of congklak as a tool for character education at Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. The findings highlight that congklak holds a significant role in supporting character education in Madrasah Ibtidaiyah by fostering students' moral, cultural, and social attitudes. In addition to develop cognitive skills such as arithmetic and strategic thinking, this game also helps students cultivate fairness (i‘tidāl), proper manners (ta’addub), and innovative thinking dynamics (tatḥawwur wa ibtikār). The integration of congklak into school learning aligns with the Rahmatan Lil ‘Alamin values of the student profile, which balances intellectual, emotional, and social intelligence to shape a generation with noble character and cultural awareness.
Indonesia menghadapi krisis akhlak yang berbanding terbalik dengan pesatnya kemajuan teknologi. Salah satu upaya menanamkan karakter sejak dini adalah dengan permainan tradisional congklak. Penelitian ini mengeksplorasi peran congklak pada pembentukan karakter rahmatan lil alamin pada siswa Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian dilakukan dengan arah pendekatan kualitatif secara deskriptif berbasis penelitian lapangan untuk mengetahui peran permainan tradisional congklak dalam pembentukan karakter yang selaras dengan profil peserta didik rahmatan lil alamin di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Tangerang Selatan. Data dianalisis dengan model Miles, Huberman, & Saldana serta teknik triangulasi sumber, sehingga menghasilkan pemahaman teoritis tentang efektivitas permainan congklak sebagai instrumen pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. Hasil penelitian menggarisbawahi bahwa permainan congklak memiliki posisi penting dalam menyokong pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah dengan menumbuhkan sikap moral, budaya, dan sosial dari peserta didik. Selain melatih keterampilan kognitif seperti berhitung dan berpikir strategis, permainan ini juga membantu siswa mengembangkan sikap adil (i’tidal), adab yang bagus (ta’addub), juga berpikir dengan dinamika yang inovatif (tathawwur wa ibtikar). Implementasi congklak dalam pembelajaran di madrasah selaras dengan konsep profil pelajar Rahmatan Lil Alamin, yang menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan sosial untuk membentuk generasi berakhlak mulia dan berwawasan budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, A., Baehaqi, D., Agung, A., Putra, N., No, J. S., Sukasari, K., Bandung, K., & Barat, J. (2024). Kolaborasi Budaya dan Pembelajaran : Inovasi COLAKTRA ( Congklak Nusantara ) sebagai Media Pembelajaran PKn Berbasis Permainan Tradisional. 9(3), 270–276.
Alvi, R. R., Jais, M., Ayub, D., Fitrilinda, D., & Ramadhani, N. (2021). Identifikasi Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Cak Bur. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2.49187
Alvi, R. R., Zalfa, G., Ayub, D., Maria, I., Perdani, U., & Anggoro, A. (2022). Meningkatkan Jujur Anak melalui Permainan Rakyat Congklak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5414–5424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2973
Amalia, N. F., & Zuhro, D. H. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu, 6(2), 2370–2379. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2450
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.
Aprily, N. M. (2020). Implementation of Character Education Atmadrasah Ibtidaiyah (Mis) Az-Zahra Bandung City. Dialog, 43(1), 33–48.
Astuti, W., & Thohir, M. A. (2024). Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Pendekatan Filosofis untuk Pendidikan Karakter. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1 SE-Articles), 218–225. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p218-225
Azis, A. A., & Hidayat, S. (2022). Pengaruh Game Online Free Fire Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 271–280. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i2.53123
Bessy, R., Waasahua, S., & Kasim, E. W. (2023). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (BAKIAK) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) I AMBON. Jurnal Induksi Pendidikan Dasar, I, 25–30.
Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan Karakter: Antara Peran Madrasah dan Keluarga. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(1), 3–29.
Dewi, E., Mulyana, E., & Santana, F. D. T. (2020). Permainan Congklak Sebagai Media Pembelajaran Dalam Menumbuh Kembangkan Sosial Emosional Pada Anak-Anak Usia Antara 5-6 …. CERIA (Cerdas Energik …, 3(3), 205–211.
Dewi, R., Muslihah, N. N., Astuti, T., & Effendi, M. S. (2023). Pembentukan Karakter Kedisiplinan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Mambang Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas melalui Permainan Rakyat. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 126–132. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v5i2.2318
Direktorat KSKK, M. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faradiyah Nurul, R., Intani, K. I. N., Andreas, R., & Mahardika, D. A. (2022). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Baratan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2, 8–16. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.35
Fydarliani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Permainan Congklak dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 214. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.499
Gultom, S. N., & Rambe, W. A. (2023). Menggapai Ridho Allah Swt Dengan Menghindari Kikir (Isi Kandungan QS. Al-Lail [92]: 8-11). Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 2(2), 29–37.
Hanafia, A., & Rahayu, S. (2021). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran untuk membangun karakter siswa. At-Turats: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–23.
Harbiyah, A., & Lukmanulhakim, M. R. (2022). Permainan tradisional congklak untuk mengembangkan aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun di Paud Taman Pena. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran KHATULISTIWA, 11(10), 2095–2107. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58787
Hasan, M., Arisah, N., Dinar, M., Rahmatullah, R., & Nurdiana, N. (2023). Model Experiential Learning untuk Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Berbasis Budaya Lokal pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1333–1345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3884
Hasanah, L. N., Mulyani, P. S., & Aziz, N. (2024). Penggunaan Media Permainan Congklak dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Al-Qalam, 25(01), 32–38.
Iswinarti, I., & Saraswati, P. (2022). Penerapan permainan tradisional congklak lidi sebagai media membangun karakter anak sekolah dasar. Altruis: Journal of Community Services, 3(4), 1–6. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i4.23327
Kamid, K., Syaiful, S., Theis, R., Sufri, S., Septi, S. E., & Widodo, R. I. (2021). Traditional “Congklak” Games and Cooperative Character in Mathematics Larning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 443. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37740
Karakter, A., Melalui, S., & Dakon, P. (2020). Analisis Karakter Sosial Melalui Permainan Dakon. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(2), 2–5. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i2.7186
Kurniawan, S., & Fitriyani, F. N. (2023). Thomas Lickona’s Idea on Character Education Which Builds Multicultural Awareness: Its Relevance for School/Madrasah in Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 33–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v14i1.15820
Lacksana, I. (2017). Kearifan Lokal Permainan Congklak Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Konseling Disekolah. Satya Widya, 33(2), 109–116. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p109-116
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Arizona State University- Third Edition.
Miskiah, M. (2019). Model pendidikan karakter pada madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(1), 59–69. https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.20611
Mufid, M. (2023). Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 2(2 SE-Articles), 141–154. https://doi.org/10.37252/quranicedu.v2i2.396
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam.
Muthoharoh, R., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida 04 Sempolan Jember. Jecie, 2(2), 54–63.
Nugraha, M. Y., Razzaq, A., & Imron, K. (2024). Konsep Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Pendidikan Islam menurut Perspektif QS Al-Anbiya Ayat 107. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13953–13962.
Prastowo, A. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pemberdayaan Pikiran Bawah Sadar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3525
Rahman, T. (2023). Pengaruh permainan congklak terhadap pembentukan karakter anak di madrasah ibtidaiyah. At-Turats: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 150–162.
Rambe, A. P., Nasution, D. A., Siregar, R. M., Batubara, H., & Khadijah. (2023). Pengembangan Kemampuan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Congklak. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 116–119. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a7664
Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440
Roostin, E., Hartati, S., & Hapidin. (2023). Policy Analysis of Sumedang Regency as Center for Sundanese Culture in Congklak Traditional Games. Scientia, 2(2), 12–16. https://doi.org/10.51773/sssh.v2i2.223
Rosyad, A. M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam dalam Kurikulum Pembelajaran SMK. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 101–115. https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7498
Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Permainan Tradisional Suku Sasak di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1071
Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436
Sartika, V. D., Wulandari, S., & Ayuswantana, A. C. (2023). Pelestarian Aset Budaya Permainan Congklak melalui Desain Karakter untuk Anak. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 07(02), 43–52.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Afabeta.
Suratman, Muttaqin, M. F., & Fitriyani, F. N. (2024). Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 57–66. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i1.9526
Utami, L. C. M. (2024). Analisis Implementasi Permainan Tradisional Sebagai Sarana Pendidikan Karakter untuk Siswa di SD Negeri 1 Demulih. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, I(4).
Welli Mailona, S. M. (2023). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Terhadap Karakter Jujur Anak Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-63 Kota Padang. Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini, III(2), 59–69.
Yulfiani, N. (2024). Permainan tradisional congklak terhadap pembentukan karakter anak usia dini (8-10 tahun) di wonokarto sekampung lampung timur. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 8(2), 120–142.
DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v19i1.3503
Article Metrics
Abstract view : 605 timesPDF - 295 times
Article Metrics
Abstract view : 605 timesPDF - 295 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lida Maulidah, Feny Nida Fitriyani, Zubaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.