Using Modeling The Way Strategy in Fiqh Learning to Improve Student's Understanding Of MIT Jabal Nur

Irfan Munjaji, Putri Rahayu S, Zubaidi Zubaidi

Abstract


Learning strategies play a crucial role in achieving effective educational outcomes. At MIT Jabal Nur, in Tangerang City, the implementation of the Modeling The Way strategy in Fiqh lessons successfully improved students' understanding of the material, especially the chapter on Hajj. This success is supported by the principal's policy of giving teachers the freedom to choose the most appropriate teaching methods, as well as the active role of teachers in encouraging students to participate in the learning process through demonstrations and simulations. As a result, students showed significant improvement in motivation, involvement, and understanding of the material taught. This study uses a qualitative method with a case study approach to explore the implementation of Modeling The Way and its impact on students' understanding at MIT Jabal Nur. The results from interviews and observations show that this strategy not only increased student engagement in learning but also helped develop their skills in collaboration and initiative. In addition, support from the community, teachers, and parents also contributed to creating a conducive learning environment. Overall, the implementation of Modeling The Way at MIT Jabal Nur, Tangerang City, has successfully improved the quality of Fiqh education, making it an effective teaching model to be applied to other subjects. This strategy also emphasizes the importance of a supportive school environment and positive interaction between teachers and students in achieving educational goals.

Strategi pembelajaran sangat penting untuk mencapai hasil pendidikan yang efektif. Di MIT Jabal Nur, Kota Tangerang, penerapan strategi Modeling The Way dalam pembelajaran Fikih berhasil meningkatkan pemahaman siswa, terutama dalam materi bab Haji. Keberhasilan ini didukung oleh kebijakan kepala sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk memilih metode pembelajaran yang paling tepat, serta peran aktif guru dalam mendorong siswa untuk berpartisipasi melalui demonstrasi dan simulasi. Hasilnya, siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam motivasi, keterlibatan, dan pemahaman materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengkaji penerapan Modeling The Way dan dampaknya terhadap pemahaman siswa di MIT Jabal Nur. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa strategi ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan mereka dalam berkolaborasi dan berinisiatif. Selain itu, dukungan dari masyarakat, guru, dan orang tua juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung. Secara keseluruhan, penerapan Modeling The Way di MIT Jabal Nur, Kota Tangerang, berhasil meningkatkan kualitas pendidikan Fikih, menjadikannya model pengajaran yang efektif untuk mata pelajaran lainnya. Strategi ini juga menekankan pentingnya lingkungan sekolah yang mendukung dan interaksi positif antara guru dan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan.


Keywords


Implementation, Learning Strategy, Path Modeling, Understanding, Hajj

Full Text:

PDF

References


Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Purbangkara, T., Abikusna, A., & others. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. uwais inspirasi indonesia.

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar:(The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22–34.

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, 2(1), 72–79.

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054.

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Buti, S., & Yusriadi, Y. (2023). The Development of Community Education and Language: An Exploration of the Riam Panjang in the Interior of West Kalimantan. At-Turats, 17(1), 1–10.

Haki, U., Prahastiwi, E. D., & others. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19.

Hamima, Y. (2022). Penggunaan Metode Modeling The Way dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Tembilahan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9531–9543.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.

Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.

Koerniantono, M. E. K. (2019). Pendidikan sebagai suatu sistem. SAPA: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 59–70.

Mahadi, U. (2021). Komunikasi pendidikan (urgensi komunikasi efektif dalam proses pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90.

Maulia, S. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Miftachudin, M. (2022). Creativity Development Of Early Grades Elementary School Teachers In Learning Activities. At-Turats, 16(2), 115–126. https://doi.org/10.24260/at-turats.v16i2.2400

Naatonis, R. N., Umam, M. C., Rohid, N., & Asy’ari, D. N. (2023). Media Gamifikasi Dan Self Regulated Learning Sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Profil Pelajar Pancasila. SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan, 1(1).

Napitupulu, J. M. (2020). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di Sma Negeri 12 Kota Jambi. UNIVERSITAS JAMBI.

Pangesti, J. S., & others. (2023). Peran Guru Fiqh dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di SMP Islam Amanah Ummah Mojolaban Sukoharjo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 505–516.

Rusli, M., & others. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.

Sanjaya, P. (2021). Pentingnya Motivasi Intrinsik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), 101–110.

Setiyadi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Berbantukan Lembar Kerja Siswa Lambang Bilangan Romawi Melalui Strategi TANDUR di Kelas IV Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 954–962.

Setiyadi, D., & others. (2023). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 164–175.

Yazid, I., Azizah, S. M., & Wahyuni, F. (2023). Peningkatan Pembelajaran Fiqh Dengan Metode Demonstrasi. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 3(2), 55–61.

Zakariya, A. (2022). Penerapan Metode Modelling The Way Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fikih Ibadah Kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Pintu Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. IAIN Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v18i1.3160

Article Metrics

Abstract view : 1023 times
PDF - 786 times

Article Metrics

Abstract view : 1023 times
PDF - 786 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Irfan Munjaji, Desi Setiyadi, Putri Rahayu S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak
Jl. Letjend. Soeprapto No. 19
Pontianak-Kalimantan Barat
Indonesia