KONTROVERSI MISS WORLD 2013 DI MEDIA

Yudin Taqyudin dan dan Rulli Nasrullah

Abstract


Berita tidak sekadar merupakan realitas dari peristiwa yang ada di lapangan dan dilaporkan oleh wartawan dan media. Dalam pandangan teori framing dijelaskan bahwa apa yang disajikan di media massa telah melalui proses seleksi terhadap data serta fakta yang dilakukan sesuai dengan ideologi media tersebut. Kontrovesi penyelenggaraan Miss World 2013 yang diberitakan oleh Republika merupakan objek penelitian dalam tulisan ini yang dianalisis dengan menggunakan perangkat framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasilnya menunjukkan bahwa teks berita bisa menunjukkan ideologi apa yang ada di media tersebut.

Full Text:

PDF

References


Albarran, Alan B. (1996). Media Economics. Iowa: Iowa State University Press.

Birowo, Antonius (ed.). (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Jogjakarta:Gitanydali.

Eriyanto. (2005). Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

McQuail, Denis. (1996). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Mosco, Vincent. (1996/2009). The Political Economy of Communication. London: Sage Publication.

Sudibyo, Agus. (2001). Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: LKiS.




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v7i2.57

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v7i2.57.g53

Article Metrics

Abstract view : 1093 times
PDF - 622 times

Article Metrics

Abstract view : 1093 times
PDF - 622 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.