MEDIA DAN TOLERANSI UMAT MUSLIM SEBAGAI MAYORITAS

Irwansyah bin sahrul

Abstract


Media merupakan salah satu hal yang membingkai pemikiran masayarakat, media berperan penting dalam pembentukan pemikiran dan pemersatu pemahaman masyarakat terkait suatu berita yang disampaikan. Salah sagu berita yang sangat menyita perhatian masyarakat saat ini adalah tentang Agama, terutama Agama Islam. Apapun berita yang terkait muslim, Tokoh Muslim maupun pelecehan terhadap Islam akan menuai banyak komentar dari masyarakat, semuanya terjadi karena Islam merupakan Agama yang mayoritas di Indonesia dan toleransi yang dibangun akan menjadikan semua isu tentang Agama dapat teratasi dengan baik. Sampai saat ini tak ada henti-hentinya media memberitakan sesuatu yang berkaitan dengan Agama seperti apa yang dialami oleh salah satu Ustadz yang memiliki penggemar yang bagitu banyak sehingga dijuluki dengan Dai sejuta umat yaitu Ustadz Abdul Somad LC, MA. Beliau dilaporkan atas tuduhan penistaan terhadap Agama Non Muslim. Namun akhirny beliau tidak dikenai hukuman terhadap laporan tersebut karena dari hasil proses hokum yang dijalaninya bahwa beliau tidak terbukti bersalah atas apa yang diucapkannya. Peran media sangat penting dalam meredam isu tersebut, andai media tidak setuju dengan hasil tersebut, maka bukan hal yang mustahil untuk memframing berita agar kasus ini terus berlanjut.

Keywords


Media, Mayoritas, Toleransi.

References


Gibb, A.R., Aliran-Aliran Moderen dalam Islam, Terjemahan Machnun Husein (Jakarta:

Rajawali Press, 1990)

Gilarnic, David G. Webster‟s Wold Dictionary of America Language (New York: The World

Publishing Company, 1959)

Mcquail, Denis Mass Comunication Theory, second edition, (London: Sage Publication,1987).

Morrisan, Teori Komunikasi Massa, Media, Budaya dan Masyarakat (Bogor; penerbit ghalia

Indonesia , 2010)

Mujani, Saiful Muslim demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia

Pasca-Orde Baru (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007)

Munawir, Ahmad Warson Kamus Arab Indonesia al-munawir (Yogyakarta: Balai pustaka

Progresif, t.th)

Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, (Jakarta; RajaGrafindo Persada, 2011)

Rahmat, Imdadun Arus Baru Islam Radikal: Transmisi Revivalisme Islam imur Tengah ke

Indonesia. (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005)

Rahmat Jalaludin, Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, (Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya, 2002 ).

Reese, S. D. Setting The Media's Agenda: A Power Balance Perspektive. Beverly Hills: Sage.

(1991).

Rusadi, U. Kajian Media Isu Ideologis dalam Perspekif Teori dan Metode.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. (2015).

Siregar, A. Bagaimana Meliput dan Menulis untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius (2007).

Waluyo, Djoko “Bangkitnya Media Lokal” lihat,Bunga Rampai Pemasyarakatan Penelitian

Aplikasi Telematika & Komunikasi, (Jakarta: Kementerian Komunikasi dan

Informatika, 2010).

Wahyuni Nafis, Muhammad Rekonstruksi dan Renungan Religius Islam, (Jakarta: Paramadina,




DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v14i2.1572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.