The Ides Of March : Representasi Etos Kerja Seorang Public Relation
Abstract
Keyword: The Ides of March film, work ethic, Public Relations
Film The Ides of March menceritakan etos kerja seorang public relation (PR). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Etos Kerja Praktisi PR Dalam Film The Ides Of March. Artikel ini berjenis kualitatif interpretif dengan objek penelitian yaitu seorang PR pada film “The Ides Of March. Data dikumpulkan dengan melihat film, kemudian menganalisis percakapan dan visual film. Data yang terkumpul dianalisis dengan tehnik semiotika teori Charles Sanders Peirce, meliputi representamen, interpretant, dan object. Hasil analisis diperoleh 5 tema yaitu Agama dalam politik, pembentukan image, optimisme, managemen konflik, dan kemampuan komunikasi. Kesimpulannya yaitu PR dapat memenangkan calon yang didukung karena strategi politik dan kemampuan komunikasi PR yang baik.
Kata Kunci: Film The Ides of March, etos kerja, Public Relation
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. 1999. Etika Komunikasi Massa Dalam Pandangan Islam. Jakarta. PT. Logos Wacana Ilmu
Barker, C. 2009. Cultural Studies :Teori dan Praktek . Yogyakarta: BentengPustaka.
Wibowo. 2011. Semiotika Komunikasi. Mitra Wacana Media. Jakarta: Mitra Wacana Merdeka.
Hartley, J. 2004. Communications, Cultural dan Media Studies :The Concept 3rdEdition. Yogyakarta: Jalasutra.
Putra, K, S & Dedi. 2015. Komunikasi CSR Politik, Membangun Reputasi, Etika, dan Estetika PR Politik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sobur, A. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya
Soemirat, S & Ardianto, E. 2010. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sukardewi, Nyoman, et. all. 2013. Kontribusi Adversity Quotient (AQ) Etos Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Amlapura. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, volume 4.
Tasmara, T. 2002. Membudayakan Etos Kerja Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor. Ghalia Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v13i2.1393
DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/jhjd.v13i2.1393.g754
Article Metrics
Abstract view : 1443 timesPDF - 902 times
Article Metrics
Abstract view : 1443 timesPDF - 902 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al-Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.