IMPLEMENTASI TATA LAKSANA PEDOMAN MASTER OF CEREMONY (MC) BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu)

Evi Hafizah

Abstract


Organizing events / ceremonies has become a part of human daily life related to important events, both with the life of the nation, state, community, organization and family in various types of events for various purposes. During this time the practice of show host was commonly introduced and carried out by adults. Even though for the sake of developing talents, interests and creativity the guidelines for bringing this event are also worthy of being known by children and can be introduced to elementary school age. This will certainly be useful for various activities held by children in their schools and outside schools that require the ability of children to dare to speak in public. The method used is case study. The results and discussion show that the implementation of the Master of Ceremony guidelines for elementary school students includes: MC appearance, MC position, attitudes and ability of MC, use of MC language and MC method closed the event in the success of the event.

[Penyelenggaraan acara/upacara sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa penting, baik itu dengan kehidupan berbangsa, bernegara, bermasyarakat, berorganisasi maupun berkeluarga dalam berbagai sifat acara untuk berbagai macam tujuan. Selama ini praktek pembawa acara lazim diperkenalkan dan dilakukan oleh orang dewasa. Padahal bagi kepentingan pengembangan bakat, minat dan kreativitas pedoman membawakan acara ini juga layak diketahui oleh anak-anak dan dapat diperkenalkan pada usia sekolah dasar. Hal ini tentunya akan dapat bermanfaat bagi berbagai kegiatan yang diadakan oleh anak-anak di sekolah mereka maupun diluar sekolah yang memerlukan kemampuan anak-anak untuk berani berbicara di depan publik. Metode yang digunakan studi kasus. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa implementasi tata laksana pedoman Master of Ceremony bagi siswa/siswi sekolah dasar meliputi : penampilan MC, posisi MC, sikap dan daya mampu MC, penggunaan bahasa MC dan cara MC menutup acara dalam menyukseskan acara].

Kata kunci: Pembawa Acara/MC, Anak-anak, Komunikasi Publik

Full Text:

PDF

References


Elly Juniarty dan Pramana, 2006, General Public Speaking: seputar publik speaking, Jakarta: public speaking school

Januharso, R Trijono, 2003, Pedoman Keprotokolan dan Master of Ceremony, Semarang, Dahara Price

Poerwandari, E.K, 2001, Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Psikologi, Jakarta, LPSP3

Rumpoko, Hadi, 2013, Panduan pidato dan MC yang memukau, Smart Pustaka, Yogyakarta

Wiyanto, Asul dan Astuti, Prima K, 2002, Terampil Membawa Acara, Jakarta, Grasindo

Yulianita, Neni. 2003. “Pengantar, Ruang Lingkup, Tugas dan Fungsi Protokoler”. Makalah pada Pelatihan Protokoler dan MC UKM PROTOKOLER, Universitas Islam Bandung.

Yuningsih, Ani. 2003. “Panduan Praktis Menyusun Acara dan Menjadi Pemandu Acara (MC)”. Makalah pada Pelatihan Protokoler dan MC UKM PROTOKOLER, Universitas Islam Bandung.

Sumber Online :

http://pena.gunadarma.ac.id/indonesia-tidak-kreatif-setuju/

http://pedomanbengkulu.com/2015/11/melihat-lebih-dekat-sekolah-alam-mahira/




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1336

Article Metrics

Abstract view : 1653 times
PDF - 4975 times

Article Metrics

Abstract view : 1653 times
PDF - 4975 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.