TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN DAN KARYAWAN DALAM ISLAM

Ain Rahmi

Abstract


Generasi masa kini harus memanfaatkan seefisien mungkin sumber daya alam yang tersedia sesuai dengan kebutuhan yang optimal. Keberlanjutan dapat dilihat dari beberapa dimensi yang merupakan dimensi yang saling berkaitan dengan keberlanjutan itu sendiri, antara lain; manusia, sosial, lingkungan, dan ekonomi. Bisnis tidak terlepas dari etika dikarenakan pertama, bisnis tidak bebas nilai. Kedua, bisnis merupakan bagian dari sistem sosial. Ketiga, aplikasi etika bisnis identik dengan pengelolaan bisnis secara professional. Perkembangan bisnis atau perusahaan, baik sebagai akibat maupun sebagai salah satu sebab perkembangan politik, ekonomi sosial maupun teknologi serta aspek lingkungan di sekitarnya, jika selama ia berinteraksi dan menghasilkan barang dan jasa bagi masyarakat yang membutuhkannya, maka bisnis atau perusahaan itu harus menyadari akan tanggung jawab terhadap lingkungannya, khususnya tanggung jawab sosial dengan segala aspeknya. Dalam Islam sendiri sangat menjunjung tinggi akan tanggung jawab sosial baik itu untuk perusahaan dan para karyawan. Dalam al-Qur’an juga dijelaskan bahwa setiap kita (manusia) akan diminta pertanggung jawaban kelak di akhirat atas apa yang telah diperbuat selama di dunia ini, begitu juga dalam sebuah hadits yang mengatakan bahwa setiap orang yang diberikan beban tanggung jawab haruslah sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan menjunjung tinggi tanggung jawab kepada perusahaan yang telah memberikan kepercayaan bagi para karyawannya dalam menjalankan bisnis.

Keywords


Perusahaan; Karyawan; Islam

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2007. Dasar-dasar Etika Bisnis Islami. Bandung : CV. Alfabeta : Anggota IKAPI Jawa Barat.

Jay B. Barney & Ricky W. Griffin, 1992, The Management of Organizations, USA : Houghton Miffin Company.

Muhammad dan Fauroni R. Lukman. 2002. Visi Al-Qur’an Tentang Etika dan Bisnis. Jakarta : Salemba Diniyah.

Muslich. 2004. Etika Bisnis Islami : Landasan Filosofis, Normatif dan Substansi Implementatif. Yogyakarta : EKONISIA.

Rudito Bambang dan Famiola Melia. 2007. Etika Bisnis & Tanggung jawab Sosial Perusahaan di Indonesia, Bandung: Rekayasa Sains.

Qardhawi, Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta : GEMA INSANI.

Rahardjo M. Darmawan, Sekapur sirih Tentang Aksiologi Ekonomi Islam, Kata Pengantar untuk buku terjemahan karya Syed Nawab Haidar Naqvi, Ethict and Economic: An Islamic Synthesis.

Shihab, M. Quraish, 1996, Tafsir Maodlu’I atas berbagai persoalan umat, Bandung: Mizan.

-----------------------, Etika Bisnis dalam al-Qur’an, Jurnal Ulumul Qur’an No 3 VII/1997.

Franz Magnis Suseno, 1992, Berfilsafat dalam Kontek, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Steiner, Goerge and Steiner, 1994, Jhon F.,Business, Government and Society A Managerial Perspektif, Singapure: Mc Graw Book Co.

Muhammad dan Fauroni R. Lukman. 2002. Visi Al-Qur’an Tentang Etika dan Bisnis. Jakarta : Salemba Diniyah.

Al-Majallah, Seria No. 2556, Referensi, Al-Majallah (Ottoman Courts Manual [Hanafi]), 1324.

Rudito, Bambang dan Famiola, Melia, 2007, Etika Bisnis & Tanggung jawab Sosial Perusahaan di Indonesia, Bandung: Rekayasa Sain.




DOI: https://doi.org/10.24260/almaslahah.v9i2.684

Article Metrics

Abstract view : 2513 times
PDF - 10631 times

Article Metrics

Abstract view : 2513 times
PDF - 10631 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Maslahah Jurnal Ilmu Syariah



IAIN Pontianak Jalan Suprapto No. 19 Pontianak West Kalimantan Indonesia Poscode 78121

Copyright @ 2020 AL-MASLAHAH: JURNAL ILMU SYARIAH

cukongbet

https://dugganfordetroit.com/

NAGITABET

Slot Demo

Slot Thailand

Judi Slot

slot777